NTT Optimistis Komodo Masuk Tujuh Keajaiban Dunia

8 Jul 2010

Kupang, NTT Online - Nusa Tenggara Timur (NTT) optimistis, komodo (varanus comodoensis) masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia karena posisi biawak raksasa asal Pulau Komodo di ujung barat Pulau Flores itu terus menguat.

Pada April lalu misalnya posisi komodo sempat berada diurutan ke-enam dari 28 finalis, kata Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTT Ubaldus Gogi di Kupang, Sabtu.

Ubaldus Gogi mengatakan sejak diumumkan pada 21 Juli 2009 melalui situs New7 Wonders Foundation, komodo yang diyakini sebagai makluk purba terakhir di muka bumi ini masuk sebagai salah satu finalis dari 28 finalis setelah menyisihkan sekitar 440 nominasi dari 220 negara.

“Ketika itu kami terus melakukan sosialisasi untuk meminta dukungan. Permintaan dukungan itu tidak hanya kepada rakyat NTT, tetapi juga seluruh rakyat Indonesia. Posisi komodo memang selalu fluktuatif tetapi dengan kerja keras dan dukungan dari semua pihak di tanah air maupun di luar negeri, kami yakni komodo akan lolos menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia,” katanya.

Ia mengatakan masuknya komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia tidak hanya memberi dampak pada masyarakat NTT, tetapi juga untuk seluruh Indonesia.

“Para wisatawan dari Belanda, misalnya, tidak mungkin langsung ke Labuanbajo di ujung barat Pulau Flores untuk melihat komodo, tetapi harus melalui Jakarta, Surabaya, atau Denpasar, Bali,” katanya.

Artinya, kata Ulbadus, efeknya tidak hanya dirasakan oleh pemerintah dan rakyat NTT, tetapi juga oleh seluruh masyarakat Indonesia. mediaindonesia.com


TAGS TImor


-

Author

Follow Me