KIAT HEMAT LIBURAN AKHIR TAHUN

13 Nov 2010

http://www.karir-up.com/wp-content/uploads/2008/12/berlibur.jpg

Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki masa akhir tahun. Saya yakin, banyak sebagian dari Anda yang memutuskan untuk pergi berlibur. Entah itu dua hari saja, lima hari, atau ada juga yang seminggu. Bahkan, ada juga yang memanfaatkannya dengan berlibur hingga dua minggu lamanya. Maklum, namanya juga akhir tahun.

Ibarat baterai ponsel yang perlu perlu diisi ulang setiap beberapa hari, begitu pula dengan Anda. Liburan, apabila Anda bisa memanfaatkannya dengan baik, bisa membuat Anda segar ketika Anda harus kembali bekerja sepulang dari liburan. Seperti ponsel yang baru saja dicharge.

Lho, memangnya mudik Hari Raya kemarin itu bukan liburan? Ya, memang kita berhenti bekerja. Namun mudik itu sama saja ibaratnya dengan Anda pergi mengunjungi rumah sanak saudara yang kebetulan berada di luar kota. Pulang dari mudik Anda pasti masih capek kan? Siapa yang tidak capek, coba, melihat penuh sesaknya terminal dan stasiun yang ada di mana-mana. Apalagi bagi Anda yang membawa mobil sendiri. Bagi yang naik kereta terutama yang melintasi jalur selatan Pulau Jawa - ada juga yang mungkin mengalami tertundanya pemberangkatan kereta. Tentunya ini tak sesuai dengan tujuan liburan.

Karenanya, akhir tahun biasa dimanfaatkan untuk liburan yang betul-betul liburan.Nah, bagi Anda yang pergi berlibur, dibawah ini ada sejumlah tips hemat yang mudah-mudahan bisa bermanfaat buat Anda.

Manfaatkan Paket Tur Biro Perjalanan.

Kalau Anda berlibur ke tempat (baca: kota) yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, ada baiknya kalau Anda memanfaatkan paket tur yang ditawarkan oleh biro perjalanan. Dengan mengikuti paket tur, Anda biasanya akan terhindar dari pemborosan waktu dan biaya yang disebabkan karena ketidaktahuan Anda tentang tempat-tempat wisata yang ada di tempat liburan.

Banyak orang yang pergi berlibur, tapi karena tidak tahu obyek-obyek wisata menarik yang ada di tempat tujuannya, mereka jadi tidak tahu harus pergi ke mana sehingga ini otomatis memboroskan waktu, dan secara tidak langsung mereka menyia-nyiakan juga uang yang mereka keluarkan untuk tiket perjalanan. Sedangkan dengan mengikuti tur yang daerah tujuannya sudah dirancang, uang Anda justru betul-betul terpakai secara maksimal.

Bagaimana kalau Anda kebetulan sudah menguasai seluk beluk dari Tempat liburan Anda? Tentu tidak apa-apa kalau Anda memutuskan untuk pergi sendiri tanpa ikut tur. Karena Anda bisa merancang sendiri tempat-tempat mana saja yang akan Anda kunjungi. Jadi, perencanaan tetap penting.

Bawa Roti dan Air Mineral.

Apa yang Anda lakukan selama berada di tempat liburan Anda? Hal yang lazim dilakukan adalah dengan menghabiskan satu hari penuh untuk pergi ke sejumlah tempat wisata, kemudian dilanjutkan lagi keesokan harinya dengan mengunjungi tempat wisata yang lain, begitu seterusnya hingga beberapa hari. Terkadang diselingi dengan satu hari untuk beristirihat.

Nah, kalau Anda pergi mengunjungi tempat-tempat wisata, maka salah satu pengeluaran yang mungkin bisa jadi sangat besar adalah pengeluaran untuk makan. Hati-hati, di sini pengeluarannya bisa jadi sangat besar karena ketika Anda duduk di sebuah restoran, keinginan makan Anda biasanya akan sangat menggebu-gebu. Apalagi bila sebelumnya Anda lelah setelah mengeluarkan energi selama beberapa jam. Karena itu, tak ada salahnya kalau Anda selalu membawa bekal makanan kering, semisal roti, dan air mineral selama perjalanan.

Roti dan air akan menjaga energi Anda bisa tetap baik untuk bisa berjalan-jalan selama beberapa jam. Dan ketika Anda duduk di sebuah restoran, biasanya nafsu makan Anda tidak akan menjadi terlalu besar lagi karena Anda toh sebelumnya sudah mengisi perut Anda dengan roti dan air tersebut. Ujung-ujungnya, Anda jadi lebih hemat kan?

Sewa Mobil kalau Anda Mampu.

Kalau Anda pergi berlibur tanpa paket tur, apalagi kalau liburan itu dilakukan ramai-ramai, tak ada salahnya Anda menyewa mobil di kota tempat Anda berlibur. Apalagi, mobil biasanya akan sangat membantu kalau Anda memang belum pernah dan tidak tahu rute dari tempat-tempat wisata yang akan Anda datangi, karena dengan mobil, Anda bisa jauh lebih menghemat biaya kalaupun Anda nyasar dalam mencari tempat-tempat wisata Anda.

Kalau liburan Anda dilakukan ramai-ramai dengan teman misalnya, Anda bisa mengajak mereka untuk patungan dalam menyewa mobil, sehingga jatuh-jatuhnya masing-masing dari Anda bisa membayar jauh lebih murah lagi, kan, dalam urusan transpor selama di tempat liburan?

Bayar dengan kartu kalau tempat belanja Anda menerima kartu.

Ya, sebisa mungkin, bayar transaksi Anda dengan kartu, entah itu Kartu Debet atau kalau memang tidak bisa dengan Kartu Debet Kartu Kredit. Ini karena dengan membayar menggunakan kartu, maka Anda akan menghemat penggunaan uang tunai Anda.

Kalau semua transaksi Anda dibayar dengan tunai, Anda akan sering kehabisan uang tunai sehingga Anda harus bolak-balik pergi ke ATM. Padahal, Anda kan tidak berada di kota Anda sehingga Anda mungkin tidak tahu di mana lokasi-lokasi ATM bank Anda berada. Jangan sampai terjadi Anda kehabisan uang tunai dan Anda kebingungan mencari ATM, padahal uang tunai tersebut mungkin saja memang sedang Anda butuhkan untuk membayar transaksi yang tidak bisa Anda bayar dengan kartu.

Mungkin Anda berpikir: gampang, bawa saja uang tunai banyak-banyak. Gampang, memang. Tapi risikonya sudah tentu amat besar.

Selamat berlibur dengan hemat.


TAGS Wisata w


-

Author

Follow Me